RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN 03 Kedungwuni
Mata
Pelajaran : PJOK
Kelas/Semester : VI /
1 (Ganjil)
Materi
Pokok : Permainan Bola Kecil
( Kasti )
Alokasi
Waktu : 4 x 35 menit
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolahdan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anakberiman dan berakhlak mulia.
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat
menunjukan perilaku percaya diri, dan kerjasama dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
2.
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa mampu mempraktekkan cara melakukan teknik
dasar kasti yaitu melempar dan menangkap bola melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan cara melakukan teknik dasar kasti yaitu melempar, menangkap, dan memukul bola melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
C.
KOMPETENSI
DASAR
3.2
Memahami variasi dan kombinasi gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau
tradisional*
4.2
Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau
tradisional*
D.
INDIKATOR
3.2.1
Siswa mampu menjelaskan variasi dan kombinasi melempar pada
permainan kasti
3.2.2
Siswa mampu menjelaskan variasi dan kombinasi menangkap pada
permainan kasti
4.2.1
Siswa mampu mempraktekkan variasi dan kombinasi melempar pada
permainan kasti
4.2.2
siswa mampu mempraktekkan variasi dan kombinasi menangkap
pada permainan kasti
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Reguler
·
Melempar bola
·
Menangkap bola
2.
Pengayaan
·
Siswa yang memiliki kemampuan
lebih dari yang lain diberi tanggung jawab untuk membantu teman yang kurang
mampu dalam kemampuan gerak (tutor sebaya).
3.
Remidial
·
Jika dalam proses
pembelajaran ada siswa yang kurang mampu dalam melakukan gerakan atau materi
yang diajarkan, maka akan dilakukan remidial dengan cara guru menugaskan siswa
yang mempunyai kemampuan lebih dari yang lain untuk membantu siswa yang belum mampu tersebut, dengan
dilakukan drill latihan materi yang diajarkan.
F.
METODE
PEMBELAJARAN
-
Pendekatan : Saintifik
-
Model Pembelajaran : Discovery
Learning
-
Metode : Demonstrasi, tanya jawab, diskusi, latihan
G.
MEDIA
PEMBELAJARAN DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
MEDIA
-
Gambar
2.
ALAT
-
Peluit
-
Kun
-
Bola kecil
-
Holahop
-
Bola plastik
H.
SUMBER
BELAJAR
-
Buku Penjasorkes untuk
SD/MI Kelas VI
Kurikulum 2013 Revisi
I.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Materi
|
Langkah – langkah
pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyiapkan siswa
di halaman sekolah dengan berbaris 4 banjar ke belakang
·
Menunjuk salah satu
siswa untuk memimpin berdoa
·
Guru mempresensi
dengan cara memanggil siswa
·
Menanyakan kabar dan
memberi motivasi kepada siswa
·
Memberi semangat
siswa dengan mengajak melakukan yel – yel “ tepuk semangat “
·
Menjelaskan materi
yang akan diajarkan, yaitu permainan bola kecil ( kasti ). Dan teknik
dasarnya yaitu melempar, menangkap
·
Mengajak siswa
melakukan pemanasan dengan permainan
·
“ Permainan bintang
jatuh “
·
Peraturan permainan
·
Siswa dibagi menjadi
4 kelompok
·
Jarak bola plastik
dengan kun 5 meter
·
Salah satu siswa
memegang bola plastik
·
Siswa melempar bola
masuk ke bola plastik kemudian berlari bergantian memegang bola plastik
·
Siswa yang memegang
bola berlari ke kelompok dengan membawa bola
·
Semua siswa mencoba
melakukan permainan melempar bola
·
Setelah semua siswa
mencoba permainan bintang jatuh, agar lebih bersemangat siswa diberikan
kompetisi
·
Setiap kelompok
berlomba melempar bola dengan cepat, kelompok yang pertama menyelesaikan
permainan. Tim itu pemenangnya
·
Dilanjutkan dengan
permainan kedua, masih sama dengan permainan bintang jatuh
·
Tetapi siswa yang
membawa bola diganti melempar bola
·
Setelah semua siswa
mencoba melempar bola, dilakukan kompetisi agar siswa bersemangat
·
Peraturan seperti
permainan estafet yang pertama. Tim yang paling cepat melempar bola, tim itu
pemenangnya.
|
30 menit
|
|
Inti
|
·
Siswa dikumpulkan
dengan duduk melingkar
·
Guru memberikan
gambar melempar bola
·
Menanyakan gambar
yang dipegang guru, memberikan pertanyaan kepada siswa “ gambar apa ini ? “,
“ bagaimana cara melakukannya ? “
·
Menunjuk salah satu
siswa untuk mempraktekkan apa yang di amati pada gambar
·
Memberikan kesempatan
siswa untuk bertanya tentang gambar yang ditampilkan
·
Siswa dibagi menjadi
4 kelompok sama rata
·
Siswa melakukan
gerakan melempar dan menangkap bola lambung. Setelah semua siswa melakukan
lemparan dan tangkapan bola lambung
·
Dilanjutkan dengan
melakukan gerakan melempar dan menangkap bola datar. Setelah semua siswa
melakukan lemparan dan tangkapan datar
·
Dilanjutkan dengan
melakukan gerakan melempar dan menangkap bola bawah atau menyusur tanah
·
Selama siswa mencoba
gerakan melempar dan menangkap bola, guru mengamati siswa
·
Setelah siswa
melakukan variasi melempar dan menangkap, semua siswa dikumpulkan duduk
melingkar dan melakukan evaluasi
·
Guru memberikan permainan
melempar dan menangkap
·
Permainan “ random ball “
-
Peraturan permainan
-
Dibagi menjadi 4
kelompok
-
Siswa paling depan
memegang kemudian berlari ke arah kardus
-
Mengganti bola yang
dipegang dengan bola yang ada dikardus
-
Dilempar ke siswa
yang berada di kelompok dan berlari ke kelompok
-
Siswa yang menangkap
berlari dan mengganti bola
-
Lemparan yang
digunakan tidak boleh sama dengan siswa yang didepan
-
Semua siswa melakukan
lemparan
-
Dibuat kompetisi agar
siswa lebih tertarik
·
Setelah semua siswa
memahami teknik menangkap, melempar, dan memukul bola
·
Teknik tersebut
diaplikasikan ke dalam permainan kasti dengan modifikasi alat dan peraturan
sederhana.
·
Peraturan
permainan kasti
-
Seluruh siswa dibagi
menjadi 2 tim
-
Tim 1 menjadi tim
penjaga yang lain menjadi tim pemukul
-
Memukul bola diganti
dengan melempar bola
-
Tim pemukul memiliki
kesempatan 1 kali melempar bola
-
Tim penjaga bertugas
menangkap bola yang dilempar
-
Berusaha menangkap dan
melemparkan bola ke arah siswa yang berjaga di 2 kun
-
Pelempar bola boleh
langsung lari ke base 1 atau 2
-
Pelempar bola beradu
cepat dengan tim penjaga yang melempar bola ke tim jaga
-
Bola yang lebih cepat
sampai daripada siswa yang berlari langsung gugur
-
Dan bergantian tim
penjaga menjadi pemukul
-
Boleh ke tiang
hinggap 2 dulu atau langsung ke tiang hinggap 3
-
Salah satu anggota
tim yang berhasil berlari dari base ke tempat aman mendapatkan 1 poin
-
Tim yang paling banyak
mendapatkan poin, tim itulah pemenangnya
·
Setelah permainan
selesai, guru mengumpulkan dan mengajak siswa pendinginan dengan senam
penguluran / cooling down
·
Siswa dikumpulkan
duduk melingkar, guru memberikan lembar kerja
·
Guru memberikan
kesempatan kepada kelompok untuk mengutarakan hasil diskusi mereka
·
Guru mengevaluasi
materi yang diberikan yang jawaban yang benar
|
100 menit
|
|
Penutup
|
·
Guru menunjuk salah
satu siswa untuk memimpin berdoa
·
Mengucapkan terima
kasih dan menyampaikan materi yang akan diajarkan mggu depan
·
Seluruh siswa
dibubarkan kembali ke kelas
|
10 menit
|
J.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
1.
Penilaian
Sikap
·
Petunjuk Umum
·
Penilaian sikap ini
dilakukan dengan pengamatan siselama kegiatan
pembelajaran berlangsung. Aspek – aspek yang dinilai meliputi disiplin, kerjasama.
·
Berilah tanda (√) pada
kolom yang telah disediakan pada saat siswa mempraktikan pola-pola
sederhana sesuai dengan perilaku yang
diharapkan. Perilaku yang dinilai dan diberi checklist (√) dengan rentang nilai
1-4.
RUBRIK PENILAIAN SIKAP
Nama
sekolah :
Kelas
:
Materi
:
NO
|
NAMA
|
ASPEK YANG DI NILAI
|
NILAI
|
|||||||
PERCAYA DIRI
|
KERJASAMA
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = jumlah
skor x 100
Skor maksimal
Kriteria Penilaian
Disiplin
|
Nilai
|
1. Berani
melakukan gerakan melempar dan menangkap bola
2. Berani
melampar bola
3. Berani
berlari dari base ke base
|
·
Siswa mendapat nilai 4
jika dapat melakukan 3 kriteria
·
Siswa mendapat nilai 3
jika dapat melakukan 2 kriteria
·
Siswa mendapat nilai 2
jika dapat melakukan 1 kriteria
·
Siswa mendapat nilai 1
jika tidak dapat melakukan semua kriteria
|
Kerjasama
|
|
1.
Saling berdiskusi dengan
teman
2.
Menyelesaikan tugas
bersama dengan kelompok
|
·
Siswa mendapat nilai 4
jika dapat melakukan 2 kriteria
·
Siswa mendapat nilai 3
jika dapat melakukan 1 kriteria
·
Siswa mendapat nilai 2
jika tidak dapat melakukan semua kriteria
|
Nilai
Maksimal
|
8
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
Indikator
penilaian
1.
Siswa mampu menjelaskan
cara melakukan teknik melempar
2.
Siswa mampu menjelaskan
cara melakukan teknik menangkap
·
Petunjuk Umum
·
Penillaian diambil dari
hasil siswa dalam mengerjakan tugas Lembar Kerja secara berkelompok
RUBRIK
PENILAIAN PENGETAHUAN
Nama Sekolah :
Kelas :
Materi :
NO
|
NAMA
|
TEKNIK YANG DI NILAI
|
NILAI
|
|||||||
MELEMPAR
|
MENANGKAP
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = jumlah
skor x 100
Skor maksimal
PERTANYAAN
NO
|
TEKNIK
DASAR
|
SOAL
|
JAWABAN
|
1
|
Melempar
|
1.
Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola melambung ?
2.
Ada berapa variasi gerakan melempar bola? sebutkan !
|
1. Teknik
melempar
·
Badan siap, pandangan
ke arah depan
·
Pegangan bola pada
tangan terkuat
·
Arah lemparan ke
depan
·
Lemparan bola sampai
ke teman di depan
2. – melempar lambung
- melempar mendatar
- melempar bawah ( menyusur tanah
)
|
2
|
Menangkap
|
3. Bagaimana cara melakukan
gerakan menangkap bola menyusur tanah ?
|
3. Teknik menangkap
·
Sikap badan siap,
pandangan ke arah bola
·
Kedua tangan dibuka
·
Menangkap dengan kedua
tangan
·
Bola ditangkap dengan
tepat / tidak jatuh
|
Kriteria Penilaian
Melempar
|
Nilai
|
·
Badan siap, pandangan
ke arah depan
·
Pegangan bola pada
tangan terkuat
·
Arah lemparan ke
depan
·
Lemparan bola sampai
ke teman di depan
|
·
Siswa mendapat nilai 4
jika dapat menyebutkan 3 cara
·
Siswa mendapat nilai 3
jika dapat menyebutkan 2 cara
·
Siswa mendapat nilai 2
jika dapat menyebutkan 1 cara
·
Siswa mendapat nilai 1
jika tidak dapat menyebutkan semua cara
|
Menangkap
|
|
·
Sikap badan siap,
pandangan ke arah bola
·
Kedua tangan dibuka
·
Menangkap dengan
kedua tangan
·
Bola ditangkap dengan
tepat / tidak jatuh
|
·
Siswa mendapat nilai 4
jika dapat menyebutkan 3 cara
·
Siswa mendapat nilai 3
jika dapat menyebutkan 2 cara
·
Siswa mendapat nilai 2
jika dapat menyebutkan 1 cara
·
Siswa mendapat nilai 1
jika tidak dapat menyebutkan semua cara
|
Nilai
Maksimal
|
8
|
1.
Penilaian
Keterampilan
-
Indikator Penilaian
1. Siswa
mampu mempraktekkan teknik dasar melempar
2. Siswa
mampu mempraktekkan teknik dasar menangkap
·
Petunjuk Umum
·
Penillaian diambil dari
hasil pengamatan guru terhadap siswa
RUBRIK
PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Sekolah :
Kelas :
Materi :
NO
|
NAMA
|
TEKNIK YANG DI NILAI
|
NILAI
|
|||||||
MELEMPAR
|
MENANGKAP
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai = jumlah skor x 100
Skor maksimal
Kriteria
Penilaian
Melempar
|
Nilai
|
·
Badan siap, pandangan
ke arah depan
·
Pegangan bola pada
tangan terkuat
·
Arah lemparan ke
depan
·
Lemparan bola sampai
ke teman di depan
|
·
Siswa mendapat nilai 4
jika dapat melakukan 3 gerakan
·
Siswa mendapat nilai 3
jika dapat melakukan 2 gerakan
·
Siswa mendapat nilai 2
jika dapat melakukan 1 gerakan
·
Siswa mendapat nilai 1
jika tidak dapat melakukan semua gerakan
|
Menangkap
|
|
·
Sikap badan siap,
pandangan ke arah bola
·
Kedua tangan dibuka
·
Menangkap dengan
kedua tangan
·
Bola ditangkap dengan
tepat / tidak jatuh
|
·
Siswa mendapat nilai 4
jika dapat menyebutkan 3 cara
·
Siswa mendapat nilai 3
jika dapat menyebutkan 2 cara
·
Siswa mendapat nilai 2
jika dapat menyebutkan 1 cara
·
Siswa mendapat nilai 1
jika tidak dapat menyebutkan semua cara
|
Nilai
Maksimal
|
8
|
Pekalongan,
24 Oktober
2019
Mengetahui
Kepala Sekolah
BARIROH,
S.Pd
NIP: 19660613
198806 2
001
|
Guru Pendidikan
Jasmani Olah Raga dan Kesehatan
ARIF
WAHYUDI,Ama.Pd.Or
|
|