Saturday, May 26, 2018

Pedoman Gizi Seimbang

Pedoman Gizi Seimbang

1. Gizi Seimbang
Setiap hari kita membutuhkan makanan, kita perlu makan agar tubuh bertambah besar dan tinggi, kita perlu makan agar mempunyai tenaga untuk bekerja, belajar, berolahraga dan bermain.
Makanan juga perlu untuk memperkuat tubuh agar tidak terkena penyakit.
Tetapi makanan yang bagaimanakah yang kita perlukan ?
Makanan yang kita perlukan ialah makanan yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan. Tahukah kalian makanan dengan gizi seimbang? Makanan dengna gizi seimbang ialah apabila keempat jenis bahan makanan tadi setiap hari dimakan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan kalian.
Apabila kalian makan dengan gizi seimbang, badan kalian akan bertambah besar dan tinggi denga serasi, tidak mudah sakit, dan dapat belajar dengan baik.

2. Bahan Makanan Pokok, Lauk-Pauk, Sayur-Sayuran dan Buah-Buahan
Makanan pokok, lauk-pauk, sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan bahan makanan yang menjadi sumber zat makanan yang dibutuhkan setiap orang.
Zat makanan itu terdiri dari zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur.

a. Bahan Makanan Pokok
Tenaga diperoleh dari makanan pokok, karena itu makanan pokok merupakan sumber tenaga bagi kita, tenaga diperlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, misalnya untuk bekerja, belajar, berjalan, dan bermain.
Yang termasuk bahan makanan pokok ialah beras, jagung, sagu, terigu, talas, ubi, singkong, atau ketela pohon, kentang dan umbi-umbian.
Apabila kalian menerapkan makanan denga gizi seimbang, makanan yang paling banyak dimakan setiap hari ialah pokok ini.Jumlah makanan yang dimakan kira-kira stengah dari jumlah makanan yang kalian makan dalam sehari.
Zat tenaga juga diperoleh dari gula dan lemak atau minyak. Walaupun gula, lemak dan minyak menghasilkan zat tenaga, tetapi tidak boleh banyak dimakan karena gula dan lemak tidak mengandung zat gizi lainnya.
Karena itu gula dan lemak atau minyak hanya diperlukan sedikit dalam makanan setiap hari.
Dalam sehari cukup makan gula sebanyak dua sampai tiga sendok makan, sedangkan minyak atau lemak sebanyak lima sampai enam sendok makan.
Makanan poko kita sebagai bangsa Indonesia banyak sekali berbagai  macamnya, diantaranya beras, sagu, umbi-umbian, dan ada pula yang makan jagung.
Makin banyak semakin baik, agar kita tidak tergantung pada salah satu jenis makanan pokok saja.

b. Lauk Pauk
Lauk pauk merupakan sumber zat pembangun. Zat pembangun perlu untuk membangun tubuh kalian agar bertambah besar dan tinggi.
Pernahkah kalian terluka ? Luka kalian akan menjadi sembuh dan tertutup kembali karena adanya zat pembangun.
Jadi zat pembangun itu mengganti bagian tubuh kalian yang rusak, zat pembangun juga berguna untuk pembentukan darah dan zat kekebalan tubuh.
Setiap hari kalian perlu makan tiga sampau empat potong lauk pauk yang berasal dari tumbuh tumbuhan. Untuk menambah zat besi dalam makanan, makanlah daging, hati, dan tempe dalam hidangan sehari-hari.
Zat besi sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Anak yang tidak suka makan dengan menggunakan lauk pauk dapat menjadi bodoh, mudah terkena penyakit dan badannya tidak cepat bertambah besar.
Lauk pauk ada yang bersal dari tumbuh tumbuhan dan ada yang berasal dari hewan.
Contoh bahan  makanan yang berasal dari tumbuha-tumbuhan ialah kacang tanah, kedelai, kacang hijau, kacang merah, tahu dan tempe.
Contoh bahan makanan yang bersasl dari hewan ialah ikan, daging, telur, hati, susu, dan keju.

c. Sayur-Sayuran
Kalian pernah mendengar kata Vitamin dan Mineral  bukan ?
Vitamin dan Mineral diperlukan untuk memelihara kesehatan tubuh, vitamin dan mineral serta air adalah zat pengatur. Serat memang tidak ada zat gizinya, tetapi berguna untuk pencernaan makanan.
Makanan lain yang mengandung vitamin, mineral dan serat adalah buah-buahan. Sayuran yang berwarna hijau, merah, dan oranye baik untuk kesehatan mata dan kulit.

d. Buah-Buahan
Buah-buahan adalah sumber vitamin A, vitamin C dan mineral. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C ialah buah mangga, pepaya, jeruk, sawo, jambu, nanas, anggur, belimbing, sirsak, srikaya dan rambutan.