Saturday, September 8, 2018

Kombinasi Pola Gerak Jalan dan Lari

Kombinasi Pola Gerak Jalan dan Lari
          Atletik merupakan dasar semua gerakan olahraga. Atletik adalah cabang olahraga yang memerlukan kekuatan, kecepatan dan kelincahan. Dalam melakukan gerakan tersebut perlu latihan yang teratur. Gerak dasar atletik antara lain jalan dan lari. Gerak tersebut termasuk gerak lokomotor. Gerak dasar lokomotor adalah gerak berpindah tempat. Gerak berpindah tempat ini akan dilakukan secara kombinasi dalam bentuk permainan.

I. Gerak Jalan

    Jalan adalah gerakan maju mundur kaki. Gerak dasar jalan sering kita lakukan, misalnya saat berjalan ke sekolah. Gerakan jalan bisa dilaksanakan dalam berbagai latihan.

      a. Jalan Kedepan
          Berjalanlah kedepan.Berjalan dengan tangan diayun kedepan dan kebelakang. Berjalan dengan            mantap. Pandangan kedepan, kepala tegak,. Lakukan berjalan lurus ke depan.

      b. Jalan ke Belakang
          Berjalan kebelakang. Langkahkan kaki kebelakang, langkahkan kaki dengan mantab, jagalah               keseimbangan badan, jaga langkah kaki agar jangan jatuh.

      c. Jalan kesamping Kiri dan Kanan
          Berjalanlah kesamping kiri 3 meter, berjalanlah kesamping kanan 3 meter, pandangan                          kedepan, hati-hati berjalan dan jangan bertabrakan dengan teman-temannya.

      d. Berjalan Langkah Pendek dan Panjang Bolak-Balik
          Berjalanlah dengan langkah pendek, aturlah kecepatan jalanmu, sesuaikan ayunan tangan                    dengan langkah kaki, jangan berjalan terlalu cepat, pandangan lurus kedepan, berbaliklah                     kebelakang, berjalan langkah panjang dengan mantap, langkahkan kaki selebar-lebarnya.
    
II. Gerak Dasar Lari
     
     Lari adalah gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi, gerak dasar lari sering kita lakukan,             misalnya : saat bermain kejar-kejaran, gerakan lari bisa dilaksanakan dalam berbagai latihan.

     a. Lari Kedepan
         Sikap awal berdiri tegak, apabila ada aba-aba yak !, lakukan lari kedepan, kedua tangan diayun           secara bergantian, berlarilah secepat-cepatnya, pandangan kedepan lakukan sejauh 10m.

     b. Lari kebelakang
         Sikap awal badan berdiri tegak, apabila ada aba-aba ya !, lakukan lari kebelakang, ayunan                   tangan bergantian kesamping badan,berhati-hatilah saat melangkah, sesuaikan gerakan kaki                 dan  tangan lakukan sejauh 5 m.

     c. Lari kesamping kiri dan kanan
         Sikap awal badan berdiri tegak, apabila ada aba-aba ya !, berlarilah kesamping kanan, aturlah             langkah kaki agar tidak jatuh, jangan berlari dengan tergesa-gesa, apabila ada aba-aba dua !,               berlarilah kesamping kanan.

     d. Lari mengelilingi lingkaran
         Buatlah garis lingkaran, lakukan lari dengan menglilingi lingkaran, aturlah langkah, usahakan              untuk berlari diatas garis.

     e. Lari berkelompok
         Lakukan berlari dengan berpasangan atau kelompok sejumlah 3 orang, berlarilah dengan                     kecepatan yang sama, sesuaikan langkah kaki masing-masing dan usahakan sampai finis secara           bersama-sama.


III. Kombinasi Jalan dan Lari    

       Gerakan ini dilakukan secara  beregu. Caranya adalah lakukan secara kelompok, bersiaplah dengan posisi berdiri, berjalanlah sejauh 10 meter kedepan, apabila terdengar aba-aba satu, berlarilah sejauh 10 meter kedepan, apabila terdengar aba-aba tiga, berjalanlah sejauh 10 meter kembali kebelakang, apabila terdengangar aba-aba tiga, berjalanlah 10 meter kembali ke awal, gerakan ini dapat divariasikan dengan melompati balok.

Demikian tadi pembahasan kita kali ini mengenai kombinasi gerak jalan dan lari,dan yang perlu diingat bahwa gerakan jalan adalah dengan gerakan melangkah kaki secara bergantian dengan salah satu kaki selalu menyentuh tanah. Lari adalah gerakan melangkahkan kaki dengan cepat, saat berlari ada saat kedua kaki tidak menyentuh tanah.


Semoga Bermanfaat


Terimakasih