Saturday, September 8, 2018

Bahaya Penyakit Diare, Demam Berdarah dan Influenza

Bahaya Penyakit Diare, Demam Berdarah, dan Influenza


Pada musim hujan akan timbul beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan, misalnya diare, demam berdarah, dan influenza. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Pencegahan tersebut dapat dimulai dari lingkungan kita sendiri. Kita harus mengenal gejala dan pencegahan penyakit diare, demam berdarah, dan influenza.

1. Penyakit Diare
    
    Kita sering mendengar atau pernah mengalami sakit diare. Penyakit ini timbul pada musim hujan. orang yang berpenyakit diare akan sering buang air besar. Biasanya 10 kali sehari. Gejala diare atau mencret disertai rasa mulas. Diare yang disertai muntah - muntah disebut muntah berak atau muntaber.Penderita diare akan kehilangan cairan tubuh dengan cepat. Kehilangan cairan tubuh disebut dehidrasi. Diare dapat mengakibatkan kematian. Penyakit diare disebabkan kuman penyakit. Kuman tersebut akibat kebiasaan kurang sehat, misalnya suka jajan sembarangan dan tidak mencuci tangan yang kotor. Penyakit diare dapat ditularkan melalui kotoran atau muntahan penderita yang dibuang sembarangan. Misalnya, disungai, dikebun, atau dipekarangan. Kuman penyakit diare ditularkan melalui lalat, debu, makanan atau air kepada orang lain.
     Sebelum dibawa ke puskesmas atau rumah sakit, penderita diare harus diberi pertolongan pertama. Caranya diberikan larutan oralit. larutan oralit dapat dibeli atau dibuat sendiri. Caranya dengan mencampur 1 sendok teh gula dan setengah sendok teh garam dan air hangat.
Penyakit diare dapat dicegah. Pencegahan dengan sebagai berikut :
      a. Menjaga kebersihan lingkungan rumah, masyarakat dan sekolah.
      b. Menjaga kebersihan pribadi, dengan cara menghindari jajan disembarang tempat.
      c. Menjaga kebersihan makanan dan minuman.
      d. Melakukan vaksinasi TCD ( typus,colera,disentri ).
      e. Pengobatan dengan diberi obat atau diberikan oralit.
      f. Masak makanan dan minuman hingga matang.
      g. Makan makanan bergizi seimbang.
      h. Membiasakan buang air di WC atau jamban.

2. Penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD )


    Penyakit DBD adalah penyakit yang menyerang semua usia. Penyebabnya adalah virus dengue yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypty . Nyamuk tersebut berkembang biak didalam genangan air bersih. Misalnya tempat penampungan air, bak mandi, kaleng bekas, ban bekas, tempat minum burung, pot tanaman dan pagar bambu yang berlubang. Penularannya melalui gigitan nyamuk aedes aegypty pada siang hari. Nyamuk ini dapat terbang 100 meter. Ciri-ciri nyamuk aedes aegypty, berwarna hitam dan berbintik bintik putih, berkembang biak melalui perubahan bentuk dari telur hhingga menjadi nyamuk dewasa, sering hinggap dipakaian yang digantung. Pernyakit DBD banyak menyerang anak-anak dan menggigit disiang hari. Bagi mereka yang sedang tidur siang hari. Masa perkembangan DBD antara 2 - 7 hari.
      Tanda-tanda penyakit DBD adalah sebagai berikut :
       a. Lemah, lesu, dan suhu badan tinggi.
       b. Mimisan.
       c. Nyeri ulu hati.
       d. Bintik - bintik merah pada kulit.
       e. Gelisah, kaki dan tangan berkeringat dingin.
Apabila tidak diberi pertolongan, penderita DBD dapat mengalami kematian. Oleh karena itu penderita DBD harus segera diobati.
       Pencegahan DBD dilakukan dengan cara antara lain :
       a. Memberantas sarang nyamuk DBD ( PSN - DBD ) dengan caara menyemprotkan ( Fogging )             untuk membunuh nyamuk dewasa.
        b. Menguras bak mandi dua kali seminggu.
        c. Menutup rapat tempat penamppungan air.
        d. Mengganti air tiap hari pada vas bunga dan minuman burung.
        e. Mengubur barang bekas yang dapat menampung air.
        f. Menaburkan serbuk abate pada penampungan air.
        g. Menjaga kebersihan lingkungan.
Pertolongan pertama dapat diberikan kepada penderita DBD, carannya dengan memberi minuman oralit atau air matang. Berilah makanan bergizi bagi penderita, selanjutnya bawalah kerumah sakit atau puskesmas terdekat.

3. Penyakit Influenza

    Penyakit influenza atau flu adalah penyakit yang ditimbulkan virus influenza. Penyakit ini mudah menular dan menyerang berbagai usia. Penyakit influenza sering timbul pada musim hujan. Gejala penyakit influenza adalah batuk, demam, sakit kepala, nyeri otot, dan hiidung tersumbat.

     a. Cara Penularan Penyakit Influenza
         Influenza menukar melalui udara tercemar dahak atau ingus penderita influenza.Udara                         mengandung virus influenza tersebut akan dihirup orang lain. Selanjutnya orang tersebut akan             tertular virus influenza.

     b. Cara pencegahan Penyakit Influenza
         Cara Mencegah penularan influenza antara lain :
         1. Menutup mulut memakai sapu tangan saat bersin.
         2. Penderita flu tidak membuang ingus sembarangan.
         3. Meningkatkan daya tahan tubuh, dengan cara berolah raga secara teratur, makan makanan                   yang bergizi, istirahat yang cuku dan tidak tidur bersama penderita influenza.

Demikian tadi telah kita sampaikan tentang materi bahaya penyakit diare, demam berdarah dan influenza dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.