Wednesday, July 11, 2018

Tekhnik Dasar Bola Kasti


TEKHNIK DASAR BOLA KASTI 
Permaian bola kasti

Dalam pembahasan kali ini kita akan menyajikan tentang cara atau tekhnik melempar bola kasti yang tentunya nantinya akan kita gunakan dalam pembelajaran permainan bola kasti. Sebelumnya kita akan mengulas sejenak tentang permainan bola kasti tersebut. Permainan kasti dapat dilakukan baik putra / putri yang berhadapan, yaitu regu pemukul dan regu penjaga. Tiap regu terdiri dari 12 orang, kapten regu melakukan undian yang diawasi oleh wasit. Yang menang sebagai  regu pemukul masuk ke ruang permainan, dua diantaranya sebagai pelambung dan pembantu pelambung. Regu pemukul secara nomor urut melaksanakan pukulan. Setelah memukul bola dengan sah, seorang regu pemukul harus segera lari ke tiang pertolongan / langsung ketiang bebas, apabila dapat kembali keruang beabs dengan selamat, termasuk pemaian yang lainnya dari regu pemukul, akan mendapat nilai satu. Tetapi bilamana dapat memukul bola dengan baik kemudian dapat langsung kembali keruang bebas tanpa diselingi pemukul / pemain lain, makan akan mendapat nilai dua.
Sedang regu penjaga berusaha mematikan permainan lawan dengan melempar bola kepada regu pemukul yang sedang lari menuju ke tiang pertolongan, tiang bebas ataupun ruang bebas dengan mengejar / melempar kepada teman yang terdekat.
Bilamana seorang pelari terkena lemparan bola dari regu penjaga maka, segera terjadi pertukaran tempat tidak bebas. Regu penjaga segera lari menuju ketiang pertolongan, tiang bebas ataupun ruang bebas supaya tidak dimatikan lagi oleh regu penjaga yang baru, demikian seterusnya.
Akan tetapi masih ada cara lain bagi regu penjaga untuk mematikan permainan. Apabila regu penjaga dapat menangkap bola secara langsung tang dipukul oleh regu pemukul tanpa terkena tanah, maka regu penjaga akan mendapatkan nilai satu. Namun bilamana regu penjaga bisa menangkap bola sampai tiga kali disamping mendapatkan nilai tiga, juga akan terjadi pergantian tempat secara bebas.
Demikian pula bilamana seorang anggota regu pemukul terakhir, setelah pukulan yang ke 3, diruang bebas masih kosong belum ada regu pemukul yang kembali, maka regu penjaga berhak membakar ruang bebas dan terjadilah pergantian tempat. Cara membakar ruang bebas adalah bola dibanting / dihempaskan ke tanah di ruang bebas oleh seorang regu penjaga.
Bilamana waktu pertandingan sudah habis, regu yang banyak mengumpulkan nilai dinyatakan sebegai pemenang.
Permaianan kasti yang dilaksnakan disekolah apabila jumlah siswa melebihi ketentuan peraturan resmi ( 24 0rang ), maka seyogyanya yang dimainkan tetap  24 orang siswa. Sedangkan sisanya dapat diberikan kegiatan kegiatan lain, umpamanya latihan dasar lempar tangkap ataupun bentuk permainan siswa yang sifatnya gembira, kemudian dimainkan secara bergantian.

Cara Mengajarkan Tekhnik Dasar Bola Kasti

Untuk mempermudah jalannya permainan, keterampilan gerakan-gerakan dasar harus dikuasai oleh semua siswa.
Macam-macam gerakan dasar tekhnik dasar bola kasti.
1.         Melempar Bola                        :  - Datar
-   Parabola / melambung keatas
-   Menggelinding
2.         Menangkap Bola                    :  - Datar
-   Parabola
-   Menggelinding

3.        Memukul Bola                         :  - Melambung
 -   Mendatar
 -   Merendah
4.         Berlari

1.1. Cara Melempar Bola
1.1.1.Lemparan Bola Datar
Agar bola dengan mudah dapat ditangkap oleh teman, lemparan hendaknya setinggi dada dan jalannya bola mendatar.
Gb. Cara memegang Bola
Cara memegang bola kasti

Gb. Sikap melempar mendatar


1.1.2.Lemparan bola melambung keatas / parabola
Bola dilambungkan kuat-kuat kearah atas, sedang arah bola harus bertemu tepat pada sasaran, hingga mudah untuk ditangkap
Gb. Sikap permulaan dan akhir melempar
Lemparan bola melambung keatas

Baca juga: - Pengenalan Kasti
                  - Peraturan Bola Kasti

1.1.3.Melambungkan bola pada pemukul
Bola diayunkan dengan lengan dari bawah secara lemas, jalannya bola polos, jadi jangan sampai bola tersebut berputar pada saat bergerak melambung, lambungan bola harus benar-benar sesuai dengan permintaan pemukul.
Gb. Cara melambungkan bola kepada sipemukul


1.1.4.Lemparan bola menggelinding
Bola dilemparkan kepada teman dengan digelindingkan menyusuri tanah tetapi dengann arah yang sesuai dan tepat sehingga mudah untuk diterima / ditangkap.
Gb. Sikap melempar menyusur tanah.



2.1. Menangkap Bola
Sikap badab dab posisi tangan pada saat menangkap bola sangat tergantug pada datangnya bola datar, parabola atau menggelinding.

2.1.1.Menangkap bola datar
Bola yang datangnya mendatar dan tepat didepan dada, pada saat bola tertangkap kjari-jari segera ditutup dan kedua tangan ditarik kebelakang, supaya bola tidak mudah loncat lepas kembali ( muntah ). Akan tetapi apabila datangnya bola mendatar itu disamping kanan / kiri badan maka caranya dengan salah satu / kedua tangan dijulurkan kesamping kanan / kiri badan.
Gb. Tangkap bola datar samping kanan dengan kedua tangan dan tangan satu.

2.1.2.Menangkap bola rendah
Cara menangkpa bola rendah sama dengan menangkap bola yang datangnya mendatar, hanya saja kedua lutut harus ditekuk agar badan merendah. Penekukan lutut disesuaikan dengan datangnya bola.
GB. Menangkap bola datar

2.1.3.Menangkap bola parabool / melambung keatas
Sikap permulaan kaki kiri berada didepan kedua  tangan dijulurkan kearah adatangnya bola dengan posisi telapak tangan 3 macam ( lihat gambar ).
Gb.posisi telapak tangan menangkap bola.

2.1.4.Menangkap bola menggelinding
Bola yang datangnya menggelinding atau loncat-loncat ditanah sukar ditangkap. Oleh sebab itu bilamana perlu, seluruh badan digunakan untuk menahan bola.
Ada tiga ( 3 ) macam cara :
·      Dengan sikap berdiri
·      Dengan sikap duduk berlutut
·      Dengan sikap jongkok
Gb. Menangkap bola menggelinding


3.1.Memukul Bola
Cara memegang tangkai kayu pemukul yang baik dan mudah dilakukan oleh siswa adalah seperti sikap tangan pada saat berjabat tangan.
Gb. Cara memegang kayu pemukul

3.1.1.Pukulan depan / forehand
Pukulan depan ini harus diutamakan karena mudah dilakukan, juga memberikan kemungkinan jarak pukulan akan lebih jauh.
Gb. Memukul forehand

3.1.2.Memukul bola mendatar
Gb. Pukulan mendatar

3.1.3.Memukul bola melambung
Gb. Pukulan melambung

3.1.3.Memukul bola merendah
Gb. Pukulan merendah.

4.1. Berlari

Pada waktu berlari harus kencang dan memperhatikan dimana bola berada serta berusaha menghindarkan diri pada saat akan dimatikan.


Demikianlah tadi ulasan singkat tentang tekhnik dasar bola kasti yang memuat tentang cara melempar bola, menangkap bola, memukul bola dan berlari, semoga ulasan tentang tekhni dasar bola kasti ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Dan untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat  video tentang cara melempar, menangkap dan memukul bola dengan benar.

Setelah kalian melihat video tersebut, manfaat yang akan kita dapat adalah, kita dapat melakukan lemparan, tangkapan dan cara memukul bola serta cara memegang tongkat pemukul dengan baik dan benar.