Format
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP )
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
PJOK SD
Materi Pokok : Variasi, kombinasi langkah
kaki dan ayunan lengan
pada senam aerobik
Alokasi Waktu : 1 Jp
A.
Kompetensi
Inti (KI)
3.
Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di
tempat bermain
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B.
Kompetensi
Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.7.
Memahami penggunaan variasi
dan kombinasi gerak dasar
rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
dalam aktivitas gerak berirama
|
1.7.1.
Menjelaskan variasi gerak dasar
langkah kaki mengikuti irama
1.7.2.
Menjelaskan variasi gerak dasar
ayunan lengan mengikuti irama
1.7.3.
Menjelaskan penggunaan
variasi gerak dasar
rangkaian langkah dan ayunan lengan
1.7.4.
Menjelaskan penggunaan
kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan
1.7.5.
Menjelaskan penggunaan variasi dan
kombinasi gerak dasar rangkaian
langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam Senam Aerobik
1.7.6.
Menerapkan penggunaan
variasi dan kombinasi
gerak dasar rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam Senam Aerobik
|
2
|
4.7.
Mempraktikkan
penggunaan variasi dan
kombinasi gerak dasar rangkaian langkah
dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
|
4.7.1.Menirukan variasi
gerak dasar langkah mengikuti irama
4.7.2.Menirukan variasi
gerak dasar ayunan lengan mengikuti irama
4.7.3.Mempraktikkan penggunaan variasi gerak dasar rangkaian
langkah dan ayunan lengan
4.7.4.Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak
dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan
4.7.5.Mempraktikkan penggunaan variasi dan
kombinasi gerak dasar rangkaian
langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam Senam Aerobik
4.7.6.Menyempurnakanpenggunaan variasi
dan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam Senam Aerobik
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1)
Siswa dapat menjelaskan
penggunaan variasi gerak dasar
rangkaian langkah dan ayunan lengan
2)
Siswa dapat menjelaskan
penggunaan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan
3)
Siswa dapat menjelaskan
penggunaan variasi dan kombinasi
gerak dasar rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam Senam Aerobik
4)
Siswa dapat mempraktikkan
penggunaan variasi gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan lengan
5)
Siswa dapat mempraktikkan
penggunaan kombinasi gerak dasar rangkaian langkah
dan ayunan lengan
6)
Siswa dapat mempraktikkan
penggunaan variasi dan kombinasi
gerak dasar rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
dalam Senam Aerobik
D.
Materi
Pembelajaran
1. Mengidentifikasi variasi,
kombinasi langkah kaki
dan ayunan lengan pada
senam aerobik aktivitas
gerak berirama dan
2. Mempraktikkan
variasi, kombinasi langkah
kaki dan ayunan
lengan mengikuti irama dalam Senam Aerobik
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Descovery Learning
F.
Media
Pembelajaran
1.
Poster/gambar
2.
Teks bacaan
G.
Sumber
belajar
1.
Buku
PJOK Kelas VI
2.
Internet
3.
Guru dan
siswa
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke I
TAHAP
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU
|
A. Kegiatan Pendahuluan
|
||
Pendahuluan
(persiapan/orientasi)
|
1.
Mengucapkan
salam
2.
Berdo’a
|
|
Apersepsi
|
1. Menyapa siswa
2. Mengabsen
3. Memaparkan
topik yang akan dikaji, tujuan belajar
|
|
Motivasi
|
Diskusi, melempar
kasus, melakukan aktivitas senam pemanasan bersama/memutar video, mengarah pada persiapan melakukan
gerak dasar, melakukan
variasi gerak dasar, kombinasi
gerak dasar senam aerobik
|
|
B.
Kegiatan
Inti
|
||
Sintak
Model Pembelajaran 1. Descovery
Learning
|
Siswa mengamati variasi, kombinasi
langkah kaki dan ayunan
lengan pada senam
aerobik aktivitas gerak
berirama dan kombinasi
langkah kaki dan
ayunan lengan mengikuti irama
dalam Senam Aerobik dengan media gambar : ( Mengamati)
1. Marching
2.
Gerakan joging
3.
Gerakan Kicking
4.
Gerakan single tap
5.
Gerakan doble tap
Setelah siswa mengamati gambar siswa diberi
kesempatan untuk bertanya tentang gerakan yang ada di gambar tadi (menanya) sebelum
dijawab oleh guru diberi kesempatan siswa yang lain untuk menjawabnya.
|
|
Sintak
Model Pembelajaran 1. Problem
Based Learning
|
-
Kemudian siswa mempratikkan
dan mendiskusikan gerakan-gerakan yang ada digambar secara berkelompok (menginformasikan dan berkesperimen)
-
Setalah
melakukan diskusi siswa menyimpulkan hasil diskusi (mengasosiasikan/mengolah)
-
Siwa melakukan
presentasi tentang hasil diskusi (mengkomunikasikan)
|
|
C.
Kegiatan Penutup
1.
pendinginan
2.
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah
berlangsung:
3.
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?
4.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari ini.
5.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada
pertemuan selanjutnya.
6.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa
|
I.
Penilaian
a.
Teknik
Penilaian
1)
Sikap
Pedoman penskoran
Skor 4, jika
seluruh indikator ditunjukkan
oleh teman yang
diamati
Skor 3,
jika tiga indikator
ditunjukkan oleh teman
yang
diamati
Skor 2,
jika dua indikator
ditunjukkan oleh teman
yang
diamati
Skor 1,
jika hanya satu
indikator ditunjukkan oleh
teman
yang diamati
Pengolahan
skor
Skor maksimum: 12
Skor diperoleh
Nilai = --------------------- X 100
Skor maksimal
2)
Keterampilan
-
Soal
Pratikkan variasi gerak langkah kami dan ayunan tangan
dengan langkah single dan doble !
Kekompakan.
a.
Nilai 4 Jika selama melakukan rangkaian gerak selalu kompak
b.
Nilai 3 jika Jika selama melakukan rangkaian gerak sering
kompak
c.
Nilai 2 Jika Jika selama melakukan rangkaian gerak kadang kompak
d.
Nilai 1 jika Jika selama melakukan rangkaian gerak selalu
tidak kompak
Teknik gerak.
a.
Nilai 4 Jika selama melakukan rangakaian gerak sesuai dengan teknik gerak
b.
Nilai 3 Jika
selama melakukan rangakaian gerak sebagaian kecil
kurang sesuai teknik gerak
c.
Nilai 3 Jika selama melakukan rangakaian gerak
kadangkadang sesuai teknik gerak
d.
Nilai 3 Jika
selama melakukan rangakaian gerak tidak sesuai
teknik gerak
Kreativitas.
1.
Nilai 4 jika melakukan:
-
perubahan formasi barisan,
-
perubahan arah gerak dasar,
-
melakukan variasi intensitas
gerak,
-
melakukan variasi gerak lengan.
2.
Nilai 3 jika hanya melakukan 3 unsur.
3.
Nilai 2 jika hanya melakukan 2 unsur
Nilai 1 jika hanya melakukan 1 unsur.
2) Pengolahan skor
proses gerak
Skor maksimum: 12
Skor
diperoleh
Nilai = --------------------- X 100
Skor
maksimum
3)
Pengetahuan
Soal :
1.
Sebutkan macam-macam kombinasi langkah pada senam
aerobik !
2.
Apakah manfaat senam aerobik ?
Penskoran
Skor maksimal 4 (tiap soal skor 2)
Skor diperoleh
Nilai = --------------------- X 100
Skor maksimal
b.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
J.
Bahan
Ajar
1.
Buku
unit
Mengetahui,
Kepala
SDN 03 Kedungwuni
Bariroh,S.Pd
NIP.
19660613 198806 2 001
|
Kedungwuni,
..................... 2019
Guru PJOK
Arif Wahyudi,A.Ma.Pd.Or
|