RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil )
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tema/Topik : Aktivitas Gerak Senam Irama
Waktu : 9 JP ( 3 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi, membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar :
1.1. Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga.
2.1. Berperilaku sportif dalam bermain.
2.6. Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.7. Memahami konsep pengetahuan gerak fundamental dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik.
4.7. Mempraktikkan variasi keterampilan dasar aktivitas ritmik dalam bentuk rangkaian sederhana.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Melakukan doa sebelum memulai pembelajaran .
2. Menunjukkan sikap sportif dalam berlomba.
3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
4. Menjelaskan cara melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dengan benar
5. Menjelaskan cara rangkaian gerakan lengan dengan benar
6. Menjelaskan kordinasi rangkaian gerakan ayunan lengan dengan langkah kaki dengan benar
7. Melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dengan benar.
8. Melakukan rangkaian gerakan ayunan lengan dengan benar.
9. Melakukan koordinasi rangkaian gerakan ayunan lengan dengan langkah kaki dengan benar.
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1. Membiasakan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2. Menunjukkan sikap sportif dalam berlomba.
3. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
4. Menjelaskan cara melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dengan benar
5. Menjelaskan cara rangkaian gerakan lengan dengan benar
6. Menjelaskan kordinasi rangkaian gerakan ayunan lengan dengan langkah kaki dengan benar
7. Melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dengan benar.
8. Melakukan rangkaian gerakan ayunan lengan dengan benar.
9. Melakukan koordinasi rangkaian gerakan ayunan lengan dengan langkah kaki dengan benar.
E. Materi Pembelajaran :
1. Pengertian dan asal-usul gerak berirama
2. Gerak langkah kaki
• Langkah biasa
• Langkah rapat
• Langkah depan
• Langkah silang
3. Gerak ayunan lengan
• Ayunan satu lengan depan belakang
• Ayunan satu lengan ke samping
• Ayunan dua lengan ke belakang
• Ayunan dua lengan silang di depan badan
4. Kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan
• Ayunan satu langkah ke belakang dan ke depan
• Ayunan dua lengan ke belakang dan ke depan
• Ayunan lengan melingkar di atas kepala
• Ayunan satu lengan horizontal ke kiri dan ke kanan
• Ayunan dua lengan ditarik dan didorong ke depan
• Ayunan satu lengan ke kaki kanan dan ke kiri secara bergantian
F. Metode Pembelajaran.
1. Pendekatan: saintifik (scientific)
2. Metode: Basd Learning
G. Kegiatan
Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Berbaris, berdoa,
presensi, dan apersepsi
· Memberikan motivasi
dan menjelaskan tujuan pembelajaran
· (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan waktu
peralihan dari mapel lain)
|
15 menit
|
Inti
|
1. Pemanasan dengan pendekatan game (polisi –
maling) serta peregangan statis dan dinamis.
2. Mengamati
· Membaca informasi
tentang gerak senam irama
· Mencari informasi
gerak fundamental senam irama dari berbagai sumber media cetak dan elektronika
· Mengamati senam
irama secara langsung dan atau membuat catatan tentang gerak fundamental
senam irama
3.
Menanya
· Setelah peserta
didik mengamati ,peserta didik untuk menggali lebih dalam tentang materi
senam irama
4.
Mencoba
· Guru memberi
kesempatan pada peserta didik untuk melakukan senam irama sesuai dengan hasil
pengamatan
Gerak langkah kaki
· Langkah biasa
· Langkah rapat
· Langkah depan
· Langkah silang
Gerak ayunan lengan
· Ayunan satu lengan
depan belakang
· Ayunan satu lengan
ke samping
· Ayunan dua lengan ke
belakang
· Ayunan dua lengan
silang di depan badan
Kombinasi langkah kaki dan ayunan lengan
· Ayunan satu langkah
ke belakang dan ke depan
· Ayunan dua lengan ke
belakang dan ke depan
· Ayunan lengan
melingkar di atas kepala
· Ayunan satu lengan
horizontal ke kiri dan ke kanan
· Ayunan dua lengan
ditarik dan didorong ke depan
· Ayunan satu lengan
ke kaki kanan dan ke kiri secara bergantian
5.
Menalar
· Peserta didik
menilai gerakan senam irama secara individu
· Secara berpasangan
peserta didik saling menilai gerakan senam irama
6.
Menyaji
· Peserta didik menampilkan
gerak senam irama
· Guru mengamati
gerakan senam irama
· Guru mengamati
setiap gerakan yang dilakukan oleh peserta didik
7.
Mencipta
· Peserta didik
melakukan senam irama dengan berbagai kondisi
· Guru mengamati
penampilan peserta didik sedang melakukan senam irama
|
85 menit
|
Penutup
|
· Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi
proses pembelajaran, berdoa dan bubar (alokasi waktu ini sudah
memperhitungkan persiapan mengikuti mapel lain)
· Melakukan refleksi dengan tanya jawab kepada
peserta didik
· Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran
|
20 Menit
|
H. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang rindang, datar dan aman
- Buku teks
- Buku referensi, Buku
Pegangan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, Kemdikbud
- Buku referensi, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, Jakarta : Erlangga
F. Penilaian
1. Teknik
penilaian:
- Tes unjuk kerja (keterampilan):
Lakukan teknik dasar gerak berirama
Keterangan: PERLU KRITERIA
Penilaian
terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1
sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (sikap):
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang
muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam maupun diluar kelas. Sikap
yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu mentaati aturan permainan,
kerjasama dengan teman satu tim dan menunjukkan perilaku sportif, keberanian,
percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan,
setiap peserta didik menunjukkan perilaku yang diharapkan. Tiap
perilaku yang di cek (√) mendapat nilai 1.
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
- Kuis (pengetahuan):
Jawab secara lisan pertanyaan-pertanyaan mengenai
konsep gerak berirama
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian,
dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR GERAK BERIRAMA
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Melakukan Teknik Dasar Gerak Berirama :
1. Posisi kedua kaki saat akan
melakukan gerak melangkah depan
2. Bentuk gerakan ayunan lengan saat
melakukan ayunan lengan ke depan
3. Bentuk gerakan kombinasi langkah
kaki dan ayunan lengan ke belakang dan kedepan
4. Bentuk gerakan kombinasi gerakan
ayunan satu lengan ke kaki kanan dan ke kaki kiri secara bergantian
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
|
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP
/ PERILAKU DALAM GERAK BERIRAMA
SIKAP YANG DILIHAT
|
Kualitas JAWABAN
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bekerja sama dengan teman
2. Keberanian dalam melakukan gerakan
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati wasit dan pemain (sportif)
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM AKTIVITAS GERAK BERIRAMA
Pertanyaan yang
diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Bagaimana posisi
kedua lengan saat kamu melakukan gerakan mengayun lengan ke
depan ?
2. Bagaimana posisi kedua tungkai saat
kamu melangkah ke depan ?
3. Bagaimana posisi
tungkai dan lengan saat kamu melakukan koordinasi gerakan melangkah ke depan?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12
|
Mengetahui, Pekalongan,.................
Kepala
Sekolah Guru
PJOK
Arif
Wahyudi