Saturday, May 26, 2018

Kebersihan Rumah

Kebersihan Rumah


1. Memelihara Kebersihan Rumah


Rumah termasuk kebutuhan  pokok. Setiap keluarga berusaha memeliki rumah. Guna rumah adalah sebagai tempat tinggal, dan tempat berlindung  dari  segala gangguan. Tinggal didalam rumah berarti berlindung dari panas, hujan, binatang dan gangguan lain yang datang dari luar. Sebagai tempat tinggal rumah harus selalu kita jaga kebersihannya. Tinggal didalam rumah yang bersih sungguh menyenangkan. Membersihkan rumah perlu dilakukan dengan cara yang benar agar semua bagian rumah menjadi bersih dan sehat. Tahukah kalian binatang apa yang disebut serangga ? Karena serangga dapat menularkan penyakit, serangga sangat senang bersarang dirumah yang kotor dan gelap, karena itu jagalah selalu kebersihan rumah kalian.

2.  Alat dan Bahan untuk Membersihkan Rumah


Untuk membersihkan rumah diperlukan sapu lantai, sapu lidi, kain pel, kain lap, ember dan sikat. Agar lebih bersih, untuk kamar mandi diperlukan bahan-bahan yang dapat membunuh kuman.

3. Bagian-Bagian  Rumah yang Perlu Dibersihkan

Sebuah rumah terdiri atas kamar-kamar atau bilik, ada kamar tidu, kamar tamu, kamar makan, dapur, kamar mandi, dan jamban. Mungkin juga ada ruangan khusus untuk keluarga, yang namanya ruang keluarga. Tiap-tiap bagian mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. Selain itu setiap rumah perlu mempunya halaman. Halaman dan rumah harus senantiasa bersih. Bagian rumah yang harus dibersihkan setiap hari adalah :
Kamar tidur

  • Kamar tamu
  • Ruang keluarga
  • Kamar makan
  • Kamar mandi, bak air dan jamban
  • Pintu dan jendela
  • Kursi, meja, lemari dan perabot yang lain

Semua anggota keluarga wajib untuk menjaga kebersihan rumah

4. Cara Membersihkan Rumah dan Halaman


a. Membersihkan Lantai


  • Mula-mula bersihkan lemari, kursi dan meja agar debu atau kotoran jatuh kelantai.
  • Sapu semua lantai, juga dibawah tempat tidur, dibawah almari, dan dibawah kursi, semuanya disapu dengan teratur.
  • Bila Rumah kalian berlantai semen atau ubin atau keramik, kalian harus membersihkannya lagi dengan kain pel. Mengepel lantai perlu agar debu dan kotoran yang melekat dilantai dapat terbuang. Mengepel lantai dilakukan secara teratur dan harus satu arah, yaitu dimulai dari tempat yang paling jauh dari pintu, mengepel dilakukan sambil mundur.

b. Membersihkan Tempat Tidur

Tempat tidur harus bersih dan tidak lembab, tikar  alas tidur, kasur dan bantal harus sering dijemur , sarung bantal dan kain alas kasur yang kotor segera diganti dengan yang bersih, selimut juga sering dijemur dan dicuci bila sudah kotor. Sebaiknya setiap orang mempunyai tempat tidur sendiri-sendiri, tidur berdesak-desakan tidak sehat.

c. Membersihkan bak Air dan Tempayan

Bak air pun haus sering kita bersihkan, bak air yang kotor dan berlumut akan menjadi tempat bersarang kuman penyakit, bak air yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat nyamuk bertelur. Nyamuk demam berdarah sangat senang bertelur dibak air, nyamuk ini sangat berbahaya karena menularkan penyakit demam berdarah. Sikat dan bersihkan bak kamar mandimu sekurang-kurangnya sekali dalam lima hari, karena dapat menjadi tempat bertelur nyamuk demam berdarah.

d. Membersihkan Kamar Mandi dan jamban

Kamar mandi dan jamban harus dibersihkan setiap hari, lantai yang licin, berlendir dan kotor disikat dengan sabun, sesudah itu disiram dengan air sampai bersih. Lubang jamban disikat dengan sikat yang bertangkai.

e. Membersihkan Halaman

Tahukah kalian bagaimana cara membersihkan halaman ? sapulah halaman rumah kalian dengan sapu lidi setiap hari. Rumput yang panjang dipangkas dan dirapikan, selokan dibersihkan agar airnya menjadi lancar. Semua sampah dikumpulkan kemudian dibuang ketempat sampah, dibakar atau ditimbun dalam tanah.

5. Manfaat Menjaga Kebersihan Rumah

Tinggal dirumah yang bersih, sungguh  menyenangkan, selain itu juga menyehatkan, rumah yang kotor terasa pengab dan berbau, rumah yang kotor dapat mendatangkan penyakit bagi orang yang menempatinya. Dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, kesehatan kita akan lebih terpelihara dan kita akan lebih senang berada dirumah.

Demikian tadi sekelumit tentang cara menjaga kebersihan rumah dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terimakasih.