Monday, September 17, 2018

Peralatan dan Lapangan Bola Volly

Peralatan dan Lapangan Bola Volly

A. Peralatan Bola Volly
     
        Dalam permainan bola volly, ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan sebelumnya, yaitu sebagai berikut :

1. Bola
    Bola yang dipakai biasanya terbuat dari kulit dengan garis lingkar antara 26 - 27 inchi dengan              berat 8 - 9 ons.

2. Kostum
    
    Pada umumnya para pemaian menggunakan pakaian olah raga yang longgar agar tidak                        mengganggu gerakan . Didalam pertandingan, mereka menggenakan pakaian seragam masing-            masing menurut pendiriannya. Tetapi sebagian besar terbuat dari bahan kaos dan celana pendek          dengan sepatu karet untuk menjaga keseimbangan badan agar tidak mudah terguling


3. Perlengkapan

    Selain kostum atau pakaian team, yang harus  dipakai, setiap  pemain mempunyai tingkat                    kebugaran badan yang berbeda. Dalam hal ini perlu menggunakan perlengkapan, guna                        mendukung penampilan dan menghindari cidera dalam bermain volly.
    Adapun perlengkapan yang dapat digunakan oleh pemain volly yaitu :
  • Dekker jari
  • Dekker tangan
  • Dekker kaki
  • Korsel
B. Lapangan Bola Volly

     Bola volly dimainkan diatas lapangan dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter.  Ditengah lapangan diberi net yang membagi dua panjang tersebut. Lebar jaring net 90 cm dengan ketinggian 2,4 meter bagi putra dan 2,2 meter bagi pemain putri.
        Masing-masing bagian lapangan permainan itu dibagi menjadi dua daerah lagi,yaitu daerah serang sebatas 3 meter dari net, dan selebihnya sebagai daerah pertahanan bagian belakang. Para pemain berputar menurut arah jarum jam setiap permulaan servis.


C. Petugas
     
     Setelah terpenuhi peralatan dan lapangan, maka kita juga membutuhkan para petugas guna membantu kelancaran pelaksanaan lomba bola volly yaitu :

1. Inspektur Pertandingan
    
    Merupakan orang yang bertanggung jawab atas pelaksanaan selama pertandingan bola volly.

2. Wasit 1

    Merupakan orang yang bertugas mengatur jalannya pertandingan bola volly, biasanya bertempat          dikursi atas.

3. Wasit 2

    Merupak orang yang bertugas membantu wasit 1, mengatur jalannya pertandingan bola volly,              biasanya bertempat diseberang bawah net.

4. Lines Man

    Merupakan orang yang bertugas mengawasi garis tempat jatuhnya bola, masuk / keluar lapangan        dan posisinya diluar lapangan .

5. Skorer

    Merupakan orang yang bertugas memasang angka pada papan skor bagi kedua team yang sedang        bertanding.

6. Pencatat Nilai

    Adalah orang yang bertugas mencatat perolehan nilai/angka bagi tiam yang mendapatkan point,          biasanya bertempat diluar lapangan dengan seperangkat alat tulis.

7. Pencatat Waktu

    Pencatat waktu disebut juga dengan timer,yaitu orang yang bertugas mencatat waktu selama                pertandingan, khususnya pada waktu time out.

8. Ball Boys /  Ball Girls

    Merupakan yang bertugas mengambil atau menyiapkan bola selama  pertandinngan bola volly            berlangsung.

9. Cleanning Service

    Adalah orang yang bertugas membersihkan lapangan pada saat pertandingan bola volly                        berlangsung, biasanya lapangan basah karena keringat para pemain atau sebab lain. Hal ini                  biasanya dilakukan pada lapangan yang berlantai keramik atau karpet, biasanya lapangan dalam          ruangan ( indoor ).

10.Official Team

     Official team adalah orang yang bertanggung jawab dalam satu team atau dengan istilah lain               pimpinan rombongan ( koordinator team ).

11.Pelatih dan Asisten Pelatih

     Pelatih adalah orang yang melatih, membimbing, mengarahkan dalam team bola volly, baik                 secara  fisik, mental, dan strategi dalam pertandingan dilapangan.
     Asisten pelatih adalah orang yang membantu pelatih dalam menyiapkan teamnya dalam                       pertandingan bola volly.


Demikian tadi ulasan tentang peralatan yang perlu dipersiapkan dalam pertandingan bola volly dan juga tentang bentuk lapangan bola volly, dan semoga bermanfaat untuk kita semua.



Terimakasih