Wednesday, September 12, 2018

Sejarah Bola Volly

Sejarah Bola Volly


A. Asal Mula Bola Volly

     Bola Volly adalah permainan yang dilakukan oleh dua regu, yang masing-masing atas enam orang. Bola dimainkan di udara dengan melewati net. Setiap regu hanya bisa memainkan bola tiga kali pukulan.
     Pada tahun 1895, bola sudah diperkenalkan oleh Williem G Morgan, tokoh pendidik jasmani pada Young Men Christian Association ( YMCA ), di kota Holyoke, Massachussets, Amerika Serikat sebagai olahraga rekreasi di ruangan. William G Morgan menciptakan permainan diudara dengan cara pukul memukul melewati jaring yang dibentangkan dengan lapangan sama luasnya. Bola yang pertama kali digunakan adalah bola basket, sedang net yang digunakan adalah net olahraga tennis.
Nama bola volly yang pertama kali diciptakan oleh Williem G Morgan adalah MINONETTE. Dr.A.T.Halsted dari Spring Field, setelah melihat permainan minonette memvolley bola berganti-ganti, maka ia menyarankan dengan nama VOLLEY BALL.
     Bola Volley pada masa itu hanya dimainkan oleh anggota YMAC dan tempat W.G.Morgan bekerja. Sementara anggota gymnasium lebih senang bermain bola basket dan handsball ( bola tangan ). Karena olahraga bola volley dapat menggembirakan orang banyak akhirnya ditiru dikota-kota daerah Masschusets, seperti, seprti England dan Spring Field .
     Akhirnya bola volley berkembang sangat pesat di seluruh Amerika. Pada tahun 1922, YMAC pertama kali menyelenggarakan pertandingan nasional dengan gemilang. Sejak itu di Amerika Serikat setiap tahun diadakan pertandingan nasional bola Volley sampai tahun 1947 dan Presiden pertama organisasi bola volley Amerika adalah Dr.George J.Fisher dari New York yang dibentuk pada tahun 1929.
     Bola Volley berkembang diluar Amerika Serikat dan dunia, setelah meletus Perang Dunia II karena anggota angkatan perang Amerika memainkan bola volley ditempat mereka bertugas. Masyarakat setempat memperhatikan permainan tersebut, kemudian mencoba mengikuti permainan bola volley, dan lama-kelamaan bola volley tersebar keseluruh dunia. Bola volley berkembang di luar Amerika Serikat terutama benua eropa, khususnya eropa timur seperti Uni Soviet, Cekoslowakia, Rumania, dan benua Asia seperti Jepang, Cina, Kore Utara, dan Kamboja.

B. Sejarah Bola Volley di Indonesia 

     Bola Volley masuk ke Indonesia pada tahun 1928 yang dibawa serdadu-serdadu Belanja dan guru ( pelatih ) yang didatngkan dari Belanda sewaktu mereka bertugas di Indonesia. Setelah Indonesia merdeka, bekas Angkatan Perang Belanda yang bergabung dengan TNI ikut mempopulerkan bola volley.
      Pada PON III tahun 1953 di Medan ( Sumatra Utara ), bola volley mulai dipertandingan. Pada tahun 1954, Surabaya dan jakarta mulai membentuk organisasi bola volley nasional, atas jasa Dr Aziz Saleh yang waktu itu menjabat komisaris tekhnik KOI.
       Setelah diadakan pertemuan IBVOS ( Surabaya ) dan PERVID ( jakarta ), bersepakat membentuk organisasi bola volley nasional. Dan pada tanggal 22 Januari 1955 lahirlah Organisasi Persatuan Bola Volley Seluruh Indonesia disingkat dengan PBVSI dengan ketua W.J.Latumeten.
       Prestasi yang pernah dicapai Indonesia adalah juara Asia dalam Asian Games IV tahun 1962 dan Ganefo ( Games of The New Emerging Forces ) 1 di Jakarta. Juara putra Sea games XI di Manila, juara putri Sea Games XII di Singapura.

Demikian ulasan singkat tentang sejarah dan perkembangan permainan bola volley di Indonesia dan semoga dapat bermanfaat dan juga dapat memotivasi pada generasi penerus untuk terus giat berlatih dan berkembang untuk mewujudkan prestasi di kancah dunia.


Terimakasih