RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X/2
Materi
Pokok : Senam Aerobik
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit (2 x kegiatan belajar)
Kompetensi Inti:
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar :
1.1. Menghargai tubuh dengan
seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
2.1. Tumbuhnya
kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.2. Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.3 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana
2.4 .Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5. Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6. Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.7. Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.8. Belajar menerima
kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
3.6. Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan rangkaian aktivitas gerak ritmik
untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.6. Mempraktikkan variasi dan
kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik dengan koordinasi gerak yang baik.
Indikator :
-
Menganalisis rangkaian keterampilan senam
aerobik
-
Mempraktekkan rangkaian keterampilan senam
aerobik
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini
peserta didik diharapkan mampu:
-
Menganalisis rangkaian keterampilan senam
aerobik dengan baik.
-
Mempraktekkan rangkaian keterampilan senam
aerobik dengan baik.
B. Materi Pembelajaran :
1. Sejarah Senam Ritmik
2. Manfaat Senam
C. Metode Pembelajaran:
Pendekatan
saintifik, ceramah, demonstrasi, komando, permainan dan penugasan.
D. Langkah-Langkah Pembelajaran:
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHU-LUAN
|
a. Peserta didik berbaris 3 shaf
b. Berdoa
c. Guru mempresensi peserta didik
d. Pemberian motivasi dan penyampaian
materi senam aerobik.
”Ada yang tahu senam itu apa dan manfaat
apa yang kita dapat saat kita melakukan senam terutama bagi kesehatan kita?”,
peserta didik diberi kesempatan menjawab setelah itu guru memberikan
penjelasan senam adalah senam (gymnastics) berasal dari bahasa Yunani,
yang artinya:"untuk menerangkan bermacam-macam gerak yang dilakukan oleh
atlet-atlet yangtelanjang", dan manfaatnya yaitu membentuk dan menggembangkan otot tubuh, mengembangkan kualitas fisik,
membentuk keindahan tubuh, dan memelihara kebugaran jasmani.
e. Pemanasan
posisi duduk, badan tegak dengan kaki dibuka lebar
dan hitungan 2x8
f. Kalastenik dengan posisi duduk, badan tegak dengan kaki dibuka lebar dan
hitungan 2 x 8
|
20 menit
|
INTI
|
Pertemuan ke-1 (praktek)
|
100menit
|
· Guru memperagakan sebuah rangkaian gerak senam aerobic dan
peserta didik mengamatinya. (Mengamati)
· Memotivasi peserta didik untuk bertanya, dengan cara guru
mengajukan beberapa pertanyaan (Menanya)
· Guru dan peserta didik bersama-sama mempraktekkan gerakan senam
aerobic dari pemanasan , gerakan inti dan pendinginan (Mencoba)
· Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang gerakan yang
sudah dilakukan.
· Peserta didik dapat menemukan gerak yang efektif dan efesian sesuai kebutuhan masing-masing peserta didik dari gerakan yang sudah mereka
lakukan. (Menalar)
· Menemukan hubungan keterampilan gerak. (Menalar)
· Menerapkan berbagai keterampilan gerak yang sudah dipelajari
dalam rangkaian senam aerobik dengan menunjukkan kelincahan, power gerakan
serta kemampuan memperagakan senam aerobic sesuai instruktur.
(Mengkomunikasikan)
· Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dan minggu
depan memperagakan gerakan senam aerobik yang sudah diperaktikkan dan peserta
didik yang lain menilai.
|
||
Pertemuan ke-2
(praktek)
|
||
· Guru menunjuk kelompok yang akan tampil kemudian kelompok lain
menilai kelompok yang maju. (Mengamati)
· Begitu seterusnya sampai semua kelompok
mendapat giliran untuk maju dan menilai.
|
||
PENUTUP
|
1. Mengevaluasi pembelajaran
2.
Peserta didik ganti baju
|
15menit
|
E.
Media Pembelajaran
1. Media
Sumber belajar: Buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk
SMA/MA, SMK/MAK Kelas X kurikulum 2013 penerbit Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia2014.
2. Alat dan
bahan
Ruang terbuka yang datar dan aman, matras,
peluit, lembar penilaian.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Mampu melakukan teknik dasar senam ritmik
|
Tes praktek
|
Praktek
|
Melakukan tes senam aerobik berkelompok
|
Tes Sikap
|
Pengamatan
Penilaian diri
Penilaian teman sejawat
Penilaian jurnal
|
-
Menunjukan sikap
mau bekerja sama dalam tim
-
Apakah saya
mencatat penjelasan dari guru
-
Apakah dia (teman
yang diamati) menunjukkan kelincahan, power gerakan serta kesesuaian saat mengikuti
gerakan senam
-
Peserta didik
terlambat masuk kelas dikarenakan nongkrong di kantin
|
1. Teknik penilaian
1.1 Tes keterampilan:
Tes keterampilan dilakukan saat praktek yaitu
senam aerobik berkelompok. Rentang penilaian antara 1-3 yaitu nilai 1
menunjukkan kurang terampil, 2 menunjukkan cukup terampil, 3 menunjukkan terampil.
1.2 Penilaian Sikap:
Penilaian sikap dibagi menjadi 4 yaitu pengamatan
atau observasi dilakukan selama proses pembelajaran, penilaian diri oleh
peserta didik masing-masing, penilaian teman sejawat dan penilaian jurnal.
Keterangan:
Penilaian terhadap sikap yang ditunjukkan dengan
rentang nilai antara 1 sampai 3. Nilai 1 menunjukkan kurang, 2 menunjukkan cukup, dan 3 menunjukkan baik.
- Rubrik penilaian
a.
Tes
Keterampilan
No
|
Nama
|
SENAM AEROBIK
|
Total skor
|
|||
Lincah
|
Power
|
Sesuai
|
Fokus
|
|||
Jumlah skor yang
diperoleh
Nilai
= -----------------------------------------
X 100
Jumlah skor maksimal
b.
Penilaian
Sikap
1)
Observasi
atau pengamatan
Perilaku yang diharapkan
|
Kualitas Sikap
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Melakukan
kegiatan berdoa saat awal pelajaran
|
|||
Aktif: Peserta didik
bertanya saat ada materi yang kurang jelas.
Peserta didik
menjawab pertanyaan dari guru.
Melakukan
gerakan pemanasan dan gerakan inti dengan sungguh-sungguh dan tidak
bermalas-malasan
|
|||
Bertanggung
jawab: Bertanggung jawab terhadap peralatan olahraga.
|
|||
Menghargai dan
menghormati: Menghargai peserta didik lain saat prakte
Mendengarkan
instruksi atau penjelasan guru
|
|||
Kerjasama:
Menunjukkan sikap usaha bekerja sama satu tim
|
|||
Disiplin:
Datang tepat waktu, tidak terlambat.
Memakai seragam olahraga.
|
|||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL : 10 x 3 = 30
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
=
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
2) Penilaian diri
No.
|
Pertanyaan
|
Check List
|
|
Y
|
T
|
||
1
|
Apakah saya memakai baju olahraga saat praktek permainan bola basket?
|
||
2
|
Apakah saya mengikuti gerakan-gerakan guru olahraga saat pemanasan?
|
||
3
|
Apakah saya hanya berdiam diri saat diskusi kelompok?
|
||
4
|
Apakah saya menyumbangkan ide saat diskusi kelompok?
|
||
5
|
Apakah saya mendengarkan atau tidak membuat gaduh saat guru menerangkan?
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
=
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
3) Jurnal
Catatan
pelanggaran peserta didik selama mengikuti pelajaran olahraga
|
Point/ skor
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
=
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
4) Penilaian teman sejawat
No
|
Nama
|
SENAM AEROBIK
|
Total skor
|
|||
Lincah
|
Power
|
Sesuai
|
Fokus
|
|||
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
=
----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Pekalongan, 2019
Guru Penjaskes
|
|
BARIROH,S.Pd
NIP.19660613
198806 2 001
|
ARIF WAHYUDI
|