Saturday, June 30, 2018

Ular Ularan

Ular Ularan


Permainan ular-ularan ini tidak menggunakan alat. Permainan ini sangat disukai siswa-siswa, karena caranya mudah dan dilakukan dengan riang gembira. Dan permainan ini dapat dilakukan untuk siswa kelas I, II dan III. Permainan ular-ularan dapat dilakukan dihalaman sekolah dan juga di lapangan terbuka.


1.    Jumlah Pemain
Jumlah pemain dalam permainan ular-ularan ini sebanyak 20 orang, masing-masing pemain regu / kelompok terdiri atas 10 orang, dapat disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada.

2.    Cara Bermain
Sebelum permainan dimulai, siswa dibagi menjadi dua kelompok / regu dimana masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang. Guru dapat memilih 2 siswa sebagai kepala ular, kemudian kepala boleh memilih anggotanya, setelah terbentuk 2 kelompok, kemudian guru menyuruh siswa berbaris berderet di kebelakang.
Masing-masing baris akan merupakan satu deretan kebelakang sebagai ular. Siswa yang paling belakang menjadi ekor ular memegang pinggang siswa didepannya. Siswa yang dipengang pinggangnya juga memegang pinggang siswa didepannya lagi, demikian dan seterusnya, siswa yang paling depan sebagai kepala ular. Jika ada dua deretan siswa, dengan  A dan dengan B, maka kepala ular A mengejar ekor ular B, atau sebaliknya kepala ular B mengejar ekor ular A, tergantung dari hasil undian keduanya. Ekor yang tertangkap oleh kepala ular harus pindah menjadi ekor ular yang menangkap. Perpindahan ini akan saling begiliran namun akan ada yang menjadi kuat. Ular yang paling kuat, ekornya akan bertambah panjang. Kepala ular yang lemah, ekornya akan habis dan dinyatakan kalah


Demikian tadi salah satu bentuk permainan anak tanpa menggunakan alat, dan semoga dapat bermanfaat dan sebagai bahan pembelajaran untuk siswa kelas rendah.


Terimakasih.



2 comments