Saturday, May 26, 2018

Menjaga Keselamatan Diri terhadap Alat / Bahan dan Tumbuhan yang Membahayakan

Menjaga Keselamatan Diri terhadap Alat / Bahan dan Tumbuhan yang Membahayakan



1. Keselamatan Diri terhadap Bahan yang Mudah Terbakar


Alkohol, spiritus, bensin, dan cat adalah bahan yang mudah terbakar, bahan ini banyak digunakan dan sering terdapat didalam rumah. Simapn bahan-bahan tersebut ditempat yang dingin dan jaug dari api, jangan disimpan didapur, simpanlah ditempat yang aman.

2. Cedera Sewaktu Berolahraga


Ketika kalian melakukan permainan olahraga kasti, dan ketika alat pemukulnya terlepas berbahayakah itu ? Tentu saja sangat berbahaya sekali. Bila alat pemukul tersebut terlepas dan mengenai yang sedang berjaga pasti ia akan cedera, karena itu pemukulnya harus dipegang erat-erat agar tidak terlepas. Dan bila sudah selesai memukul, maka letakkanlah pemukul ditempat yang sudah ditentukan. Contoh selanjutnya pada permainan sepak bola, salah seorang pemain tidak memakai sepatu dan ia menginjak paku, berbahayakah itu ?tentu  saja sangat berbahaya, oleh karena itu pada waktu kita berolahraga seharusnya kita tetap menggunakan sepatu untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

3. Keselamatan Terhadap Tumbuhan


Bunga mawar mempunyai duri yang tajam, pohon bambu mempunyai bulu yang sangat gatal, buah dan daun kecubung mengandung zat racun, biji jarak mengandung zaat racun ini sangat berbahaya bila masuk kedalam tubuh melalui luka. Jamur ada yang tidak beracun dan ada yang beracun. Banyak sekali tumbuh-tumbuhan yang dapat membahayakan kesehatan, karena itu berhati-hatilah sebelum memegang atau memakannya.


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Terimakasih.