Saturday, May 26, 2018

Mari bermain permainan Benteng

Benteng



Permainan benteng ini menggunakan alat yaitu tongkat sebagai alat pembantu. Permainan benteng sangat digemari, khususnya siswa kelas-kelas rendah.
Dalam permainan ini dapat juga melatih siswa dalam hal :
Kecerdasan siswa
Ketangkasan berjalan
Ketelitian / kewaspadaan
Ketangkasan melompat

1. Jumlah Pemain

  • Tidak terbatas
  • Siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok A dan kelompok B
  • Masing masing kelompok berkumpul dan membentuk lingkaran
  • Ditengah-tengah tiap lingkaran ditancapkan tongkat yang merupakan benteng A dan benteng B
  • Jarak kedua lingkaran kira kira 10 m, dan besar lingkaran sesuai dengan kebutuhan.

2. Cara Bermain

Kedua kelompok diundi dengan hom pim pah. Kelompok yang menang disebut buruan ( B ), kelompok yang kalah disebut dengan pemburu  ( A ). Pemain B1 keluar dari benteng dikejar oleh A disekitar kedua benteng. B1 dapat kembali kedalam benteng B untuk berlindung dari kejaran A. Selanjutnya keluar B2 yang akan dikejar A1. Kalau A1 lelah, dia harus kembali kedalam benteng dan dikejar oleh A2. Pemain hanya boleh berdua keluar benteng. Sekiranya pemain B ada yag tertangkap oleh A, maka B akan ditawan A dalam benteng A. Permainan dilanjutkan dengan kelompok A sebagai buruan dan kelompok B sebagai pemburu. Satu saat terjadi salah satu benteng ( B ) hanya dijaga oleh seorang penjaga yang bertugas menjaga benteng, juga bertugas menyelamatkan teman-temannya yang ditawan di benteng A, serta menangkap A5. Dilain pihak A5 bertugas merebut benteng B, menunggu B5 keluar benteng dan menjaga tawanan B1,2,3,4 serta menangkap B5.
Kalah menangnya kedua kelompok ini ditentukan oleh mana yang lebih cepat antara A 5 merebut benteng B, atau B5 dapat memegang tangan B4, sehingga semua tawanan ddan benteng A jatuh.

3. Peralatan

Perlatan yang dipakai untuk melaksanakan permainan benteng terdiri atas :

  • Tongkat yang merupakan benteng A dan B
  • Kapur untuk membuat batas lingkaran


Demikian pembahasan tentang permainan benteng, dan juga semoga dapat bermanfaat serta sebagai bahan pembelajaran pada kelas rendah, khususnya pada tingkat sekolah dasar, dan semoga dapat bermanfaat.

Terimakasih.